Pierre de Fermat Seorang Matematikawan Perancis

Pierre de Fermat (17 Agustus 1601 - 12 Januari 1665) adalah seorang matematikawan Perancis yang umumnya diberikan kredit kecil untuk pengembangan kalkulus modern; khususnya, untuk karyanya tentang garis singgung dan titik stasioner.

Karyanya sedemikian rupa sehingga ia kadang-kadang dianggap sebagai "bapak", keduanya, kalkulus diferensial dan teori bilangan.

Dia juga membuat kontribusi penting untuk geometri analitik dan probabilitas. Fermat lahir di dekat Montauban, Prancis; dia meninggal di Castres.

Fermat mengerjakan teori bilangan sambil menyiapkan edisi Diophantus, dan catatan serta komentarnya berisi banyak teorema yang cukup elegan yang diperlukan untuk mengembangkan teori bilangan.

Fermat terkenal dengan "Enigma"-nya yang merupakan perpanjangan dari Teorema Pythagoras, juga dikenal sebagai Teorema Terakhir Fermat.

Bersama dengan René Descartes, Fermat adalah salah satu dari dua matematikawan terkemuka di paruh pertama abad ke-17.

Terlepas dari Descartes, ia menemukan prinsip dasar geometri analitik. Melalui korespondensinya dengan Blaise Pascal, dia adalah salah satu pendiri teori probabilitas.

Kisah latar belakang Fermat berikut ini diambil dari buku Mahoney, The Mathematical Career of Pierre de Fermat. Pierre de Fermat lahir pada 17 Agustus 1960, di Beaumont-de-Lomagne, sebuah kota kecil dekat Toulouse di bagian selatan Perancis, dekat perbatasan dengan Spanyol.

Ayahnya, Dominique Fermat, adalah seorang pedagang online game kulit kaya yang memegang posisi "konsul kedua" Beaumont-de-Lomagne, posisi pemerintahan yang mirip dengan posisi walikota di zaman kita.

Ibunya, Claire, née de Long, adalah putri dari keluarga terkemuka. Fermat memiliki saudara laki-laki, Clément, dan dua saudara perempuan, Louise dan Marie.

Sementara relatif sedikit yang diketahui tentang pendidikan awal Fermat, diketahui bahwa ia berasal dari Basque dan menerima pendidikan dasar dan menengahnya di biara Grandsl ve, yang dijalankan oleh Cordeliers (Franciscans), di Beaumont-de-Lomagne.

Untuk studi lanjutannya, dia pertama kali kuliah di Universitas Toulouse sebelum pindah ke Bordeaux pada paruh kedua tahun 1620-an.

Di Bordeaux (1629) Fermat memulai penelitian matematika serius pertamanya, di mana dia memberikan salinan restorasi Appollonius's Plane Loci kepada salah satu matematikawan di sana.

Di Bordeaux dia menghubungi Beaugrand dan selama ini dia menghasilkan karya tentang maxima dan minima. Dia memberikan karyanya kepada Etienne de'Espagnet, yang berbagi minat matematika dengan Fermat.

Dari Bordeaux Fermat melanjutkan studi di Universitas Hukum di Orléans. Pada tanggal 1 Mei 1631 ia menerima gelar Sarjana Hukum Perdata.

Pilihan karir hukum Fermat adalah wajar dan khas pada masanya, karena kekayaan ayahnya dan latar belakang keluarga ibunya.

Berada dalam karir ini adalah jalan menuju status sosial dan kekuatan politik yang lebih tinggi. Setelah lulus ia membeli kantor dewan di parlemen di Toulouse.

Segera setelah itu ia memperoleh seorang istri. Dia sepupunya keempat dihapus, Lo uise de Long. Dia memberikan mahar sebesar 12.000 livre, yang tidak menjadi masalah bagi pengacara muda itu.

Segera setelah itu, ia menjabat di parlemen lokal dan menjadi anggota dewan, atau legislator. Seluruh keluarganya, sekarang termasuk ayah mertuanya, adalah anggota kelas atas. Mahoney memberi tahu kita bagaimana ini memengaruhi status sosialnya juga.

Lascia un commento

Il tuo indirizzo email non sarà pubblicato.